Rumor, 2014 Suzuki Kembali ke MotoGP?

Sepertinya Suzuki akan kembali ke MotoGP, tapi belum pasti

Rumor mengenai kembalinya salah satu pabrikan motor terbesar di dunia, Suzuki diajang motogp mulai berhembus. Rumor tersebut dikaitkan dengan Kevin Schwantz, salah seorang legenda balap yang disebut-sebut akan menjalankan proyek baru 1000cc Suzuki di motogp tahun 2014 mendatang. Meskipun disebut demikian, Schwantz seolah ingin mengecilkan rumor tersebut.

Wallpaper Prototipe motor motogp Suzuki 2014 Rumor, 2014 Suzuki Kembali ke MotoGP?

Prototipe Motor MotoGP Suzuki | Cycle World

Suzuki memang dikabarkan akan ikut membalap di motogp musim depan dengan menggunakan fasilitas wildcard, sebelum betul-betul kembali secara full tahun 2014. Mengenai keterkaitan dengan kembalinya Suzuki ke motogp musim 2014 mendatang, Schwantz berkomentar:

Kedengarannya mengagumkan tapi saya pertama kali mendengar berita tersebut saat di Indianapolis. Saya harap mereka akan ikut beberapa balapan musim panas mendatang di Eropa dengan fasilitas wild card, dan menemukan sekelompok orang yang bekerja sangat baik bersama-sama dan kedepannya akan benar-benar tampil penuh dimusim 2014.

Tapi saya bukan orang yang menanyakan tentang pembalap dan mekanik yang akan bekerja dengan saya, kecuali kalau saya yang betul-betul melakukan pekerjaan itu (memimpin proyek motogp 1000cc Suzuki). Saya tidak akan memberikan harapan ketika itu belum pasti terjadi.

Suzuki sudah selangkah lebih dekat untuk kembali membalap di motogp tahun 2014setelah beberapa petinggi balap senior Suzuki mengadakan pembicaraan mengenai masa depan pabrikan tersebut baru-baru ini di Brno. Sebuah delegasi kecil yang dipimpin oleh Satoru Terada bertemu dengan bos Dorna (promotor motogp) Carmelo Ezpelata untuk membicarakan rencana Suzuki kembali membalap di motogp tahun 2014.

Pertemuan tersebut juga memberi peluang kepada Ezpeleta untuk memberikan gambaran kepada Suzuki mengenai perubahan peraturan untuk musim 2014, dengan komponen elektronik baru yang terkontrol juga batas 15.500 rpm.

Ezpeleta mungkin menginginkan Suzuki untuk menandatangani perjanjian yang mewajibkan Suzuki untuk membalap setidaknya selama tiga tahun. Rumor mengatakan kalau Suzuki ingin mencoba satu musim dulu (2014) sebelum benar-benar memutuskan akan melanjutkan proyek motogp mereka.

Terada menegaskan bahwa Suzuki tidak akan mempercepat rencana kembali ke motogp setahun lebih awal musim depan meskipun pengembangan motor baru Suzuki GSV-R 1000cc masih berjalan di Jepang. Belum ada komitmen pasti untuk kembali musim 2014.

Meskipun begitu, Terada juga mengungkapkan bahwa Suzuki memang mungkin akan turun beberapa balapan musim depan di Eropa dengan fasilitas Wild Card.

Terada:

Ketika kami meninggalkan motogp musim lalu, kami menyatakan niat untuk kembali musim 2014, dan itu masih rencana. Kami ke Brno untuk melihat situasi dengan arah peraturan.

Tapi saya ingin memperjelas bahwa meskipun kami berniat untuk kembali turun di motogp musim 2014, masih belum ada keputusan final yang diambil.

Motorcyclenews

Leave a Reply

%d bloggers like this: