MotoGP Akan Menggunakan ECU Yang Sama

Para pembalap menyambut baik, namun beberapa pabrikan belum setuju

Magneti Marelli secara resmi mengonfirmasikan bahwa mereka mampu menyediakan ECU (Engine Control Unit) untuk semua tim mulai musim depan. Langah ini mendukung rencana motogp untuk menggunakan sistem menajemen mesin yang terkontrol untuk musim 2014 mendatang.

Dorna, selaku promotor motogp telah menandatangani kontrak empat tahun dengan Magneti Marelli untuk memproduksi perangkat canggih tersebut. Kesepakatan ini tentu akan menjadi sebuah lompatan besar bagi tim-tim CRT yang selama ini cukup kesulitan untuk mengembangkan perangkat tersebut seperti yang dilakukan oleh tim-tim pabrikan. Tim-tim CRT diyakini akan menjadi lebih kompetitif dengan perangkat ECU tersebut.

Wallpaper Mesin Yamaha YZR M1 MotoGP MotoGP Akan Menggunakan ECU Yang Sama

Mesin Yamaha YZR M1 | Racingaddict

Penggunaan ECU yang sama untuk semua tim ini telah diterapkan di Formula 1, dimana perangkat ECU ini memberikan batasan-batasan kepada pembalap, seperti traksi, dan kontrol wheelie. Namun penggunaan ECU yang sama ini masih ditentang oleh tiga pabrikan di motogp, dikarenakan mereka merasa kebebasan mereka mengembangkan teknologi juga dibatasi. Honda bahkan mengancam akan keluar dari motogp jika penggunaan ECU tersebut benar-benar diterapkan untuk semua tim.

Meski beberapa pabrikan masih belum setuju dengan hal tersebut, beberapa pembalap justru menyambutnya dengan positif, meskipun mungkin hal ini akan menimbulkan banyak kecelekaan. Pemimpin klasemen saat ini, Jorge Lorenzo mengatakan:

Jika semua pembalap mempunyai perangkat elektronik yang sama, tentunya itu adalah hasil positif. Terutama bagi yang belum memiliki sistem yang terbaik. Saya pikir kita harus melihat dari sisi keamanan pembalap, karena sekarang kita menghindari banyaknya kecelakaan.

Banyak pembalap yang terhempas ke udara, dan mungkin dengan ECU yang sama akan membuat motor lebih berbahaya. Motor akan sangat bertenaga, lebih dari 250 horsepower. Jadi kita harus memperhatikannya.

Dani Pedrosa juga menyatakan hal yang senada, dengan mengatakan bahwa penggunaan ECU yang sama berhasil diterapkan di F1. Sementara itu, Valentino Rossi juga menyatakan hal yang serupa dengan Lorenzo. Rossi mengatakan:

Penggunaan perangkat elektronik yang sama untuk semua pembalap adalah hal yang baik. Tapi tentunya harus memperhatikan faktor keselamatan. Sedikit bantuan dari perangkat elektronik akan membuat balapan lebih menyenangkan. Akan ada lebih banyak persaingan. Di Formula 1, mereka sempat berfikir bahwa hal ini mustahil, tapi akhirnya semuanya baik-baik saja, dan sekarang Formula 1 menjadi lebih menarik untuk ditonton.

Pembalap lain seperti Cal Crutchlow dan Bautista juga menyambut positif penggunaan perangkat ECU yang sama, namun tentunya juga harus memperhatikan tingkat keselamatan pembalap.

Leave a Reply

%d bloggers like this: